Memilih Madu Untuk Obat Batuk Berdahak Si Kecil Merupakan Pilihan Cerdas

Batuk dan pilek pada anak memang menjadi kendala yang merepotkan para Ibu. Pasalnya batuk dapat menganggu aktifitas anak seperti tidurnya tidak nyenyak, nafsu makan berkuran dan berat badan turun. Apalagi jika batuk berdahak, tentu dapat menganggu saluran pernafasan anak. Sebelum membahas madu untuk obat batuk berdahak si kecil lebih jauh, orang tua perlu mengetahui apa saja penyebab batuk berdahak pada anak.

Penyebab anak batuk berdahak biasanya terjadi iritasi pada tenggorokan si kecil. Kemudian memicu dahak atau lendir pada tenggorokan berproduksi lebih banyak. Batuk berdahak yang terjadi pada umumnya disebabkan oleh infeksi oleh bakteri atau virus. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya selama kurang lebih 2 minggu. Akan tetapi, sebaiknya jika anak mengalami batuk berdahak harus segera diobati agar tidak memperburuk keadaan si kecil.

Meredakan batuk anak dengan terapi non obat di rumah tentu menjadi alternative bagi para orang tua. Sehingga Anda tidak perlu buru-buru untuk memberikan obat-obatan medis dalam penyembuhannya. Menghindarkan anak dari ketergantungan obat-obatan kimia di saat medis bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami atau herbal.

Menjadikan madu sebagai obat batuk anak tentu merupakan pilihan cerdas lho. Pasalnya, sifat-sifat yang terkandung di dalam madu banyak manfaatnya untuk kesehatan, terutama untuk menyembuhkan batuk berdahak pada anak.

Sifat antibakteri dan antiradang pada madu menjadi obat alami bagi batuk berdahak anak. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan di dalamnya, sehingga dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh anak dengan lebih baik. Tahukah Anda? Madu sejak ratusan tahun yang lalu dipercaya mampu menyembuhkan infeksi yang terjadi pada salura pernafasan. Itu sebabnya membiasakan anak mengkonsumsi madu sejak dini merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jangka panjang anak.

Madu untuk Obat Batuk Berdahak Si Kecil

Madu dapat bekerja secara efektif dalam melapisi membrane mukosa yang mulai meradang sehingga dapat menenangkan bagian tenggorakan si kecil. Rasa manis yang ada pada madu ternyata mampu meredakan keinginan batuk anak sehingga mampu mengurangi dahak si kecil.

Namun, orang tua juga wajib memilih madu terbaik untuk anak. Pastikan memilih madu asli sebagai obat batuk berdahak anak. Berikut anjuran memberikan madu untuk mengobati batuk berdahak anak:

  1. Untuk usia 1 hingga 5 tahun bisa diberikan ½ sendok teh sehari satu kali bagi si kecil.
  2. Untuk usia 6 hingga 11 tahun bisa diberikan 3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh.
  3. Untuk usia di atas 12 tahun Anda bisa memberikan 2 sendok teh sehari sebanyak 3 kali.

Jika anak Anda tergolong tidak bisa mengkonsumsi madu secara langsung, maka alternative lain bisa Anda coba, seperti mencampurkan madu dengan bahan lain. Misalnya mencampurkan madu dengan segelas air hangat, mencampur madu dengan jahe, madu dengan lemon, madu dengan susu dan lain sebagainya. Anda juga bisa memberikan madu dengan mengoleskan pada sandwitch kesukaan si kecil sebagai selai. Banyak cara untuk memberikan madu untuk obat batuk berdahak si kecil. Tinggal Anda mengkreasikan sendiri cara terbaik dalam memberikannya pada anak.