Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Si Kecil

sakit perut sebelah kiri

Ketika merasakan sakit perut sebelah kiri merupakan sakit yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Dapat menjadi suatu kondisi penyakit ringan atau parah, seperti ketika memasuki masa ovulasi atau karena tinja yang mulai mengeras. Namun juga bisa saja karena kondisi sakit yang berat seperti batu ginjal, kanker atau kista ovarium.

Sakit perut sebelah kiri dengan kategori ringan biasanya akan berkurang dengan sendirinya dalam jangka waktu sekitar satu sampai dua hari. Namun bila anda pernah mengalami cidera akibat dari kecelakaan sebaiknya segera periksa ke dokter anda. Begitu juga bila anda merasakan sakit perut sebelah kiri terus menerus dan tidak merasa kunjung membaik segera periksa ke dokter anda.

Berbagai Kondisi Sakit Perut Sebelah Kiri

Berikut ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus anda ketahui:

Penyakit Ginjal

Bila merasakan sakit perut sebelah kiri area bawah bisa menjadi tanda sebagai penyakit ginjal, infeksi ginjal dan batu ginjal. Bila mengalami infeksi ginjal gejala yang dapat dirasakan ialah berupa sakit perut sebelah kiri area bawah, mual, demam dan nyeri di daerah pangkal paha. Sedangkan untuk penyakit batu ginjal gejala yang dirasakan ialah sakit perut sebelah kiri area bawah, ingin buang air kecil terus menerus, saat buang air kecil terasa panas serta urin berdarah.

Gastritis

Gastritis merupakan kondisi ketika lapisan pada lambung mengalami iritasi, peradangan ataupun pengikisan. Kondisi ini dapat disebabkan dari bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung. Gejala yang terjadi dari penyakit gastritis ini berupa sakit perut sebelah kiri area atas, mual, perut terasa penuh setelah makan dan juga muntah.

Radang Usus Besar

Radang usus besar atau sering disebut dengan (ulcerative colistis/UC) merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala serta keluhan yang sering dirasakan oleh si penderita ialah berupa sakit perut sebelah kiri, diare, berat badan turun, demam dan kelelahan. Biasanya penyakit radang usus besar ini dapat membaik sendiri ketika si penderita sudah buang air besar.

Divertikulitis

Divertikulitis  merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada diverticula atau kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan terlebih di area usus besar. Gejala umum yang dirasakan pada penyakit diverticulitis ini diantaranya sakit perut sebelah kiri, diare, perut kembung, sembelit dan ketika buang air besar disertai dengan lendir.

Peradangan Pankreas

Pancreas merupakan organ besar yang terletak di bagian sisi kiri perut. Rasa sakit dari peradangan pankreas ini dapat terasa memburuk dengan sangat cepat, terlebih bila si penderita berbaring makan dan minum. Gejala dari peradangan pankreas ini akan disertai dengan rasa mual, muntah, demam, diare, perut terasa sakit bila disentuh dan bagian putih mata akan menguning.